Headlines News :
Home » , » Kejahatan Rasisme dalam sepakbola.

Kejahatan Rasisme dalam sepakbola.

Written By fans tim antah-berantah,papan tengah,papan bawah on Rabu, 24 Juli 2013 | 08.54


Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata Rasisme?!
Ya, Rasisme merupakan suatu umpatan penghinaan maupun pelecehan terhadap seseorang/komunitas dikarenakan adanya suatu perbedaan.

Perbedaan warna kulit, suku, bangsa adalah penyebab terjadinya kejahatan rasisme. Rasisme merupakan pelanggaran berat dalam Hak Asasi Manusia (HAM). Tidak hanya PBB, badan sepakbola dunia atau FIFA pun turut menyuarakan kampanye anti Rasisme kepada dunia lewat sepakbola dan sebab daripada FIFA turun tangan dalam hal tersebut juga dikarenakan kejahatan rasisme telah masuk ke dalam dunia sepakbola.

Kebanyakan kejahatan rasisme dalam sepakbola adalah mengenai perbedaan warna kulit. Kejadian tindak rasisme di sepakbola sangat nyata, memilukan sekaligus memalukan. Umpatan hinaan, teriakan teriakan  yang menyerupai hewan, bahkan melempar makanan yang identik dengan hewan yang bersangkutan pernah terjadi dalam pertandingan Sepakbola.

Lilian Thuram, Idriss Kameni, Toure bersaudara maupun Mario Balotelli adalah beberapa nama besar yang pernah menjadi korban rasisme. Kameni pernah dilempari pisang oleh fans lawan saat ia membela klub Spanyol, Deportivo La Coruna.

Dan, yang paling hangat dan masih baru barunya ini adalah kasus Kevin Constant, saat Trofeo TIM cup malam lalu. Bek sayap AC milan ini menerima ejekan dengan nada rasisme dari tempat duduk penonton, kemudian dengan kesal ia menendang bola ke arah para penonton yang meneriakinya. alhasil, Constant diganjar kartu merah.

FIFA pun telah menyiapkan sanksi bagi tim maupun suporternya yang melakukan tindakan rasisme ke seorang pemain/tim lawan. Dari ganjaran berupa denda, larangan bermain di kandang hingga bermain tanpa penonton. Slogan FIFA yang terbentang di Stadion bertuliskan "Against Racism" pun seolah hanyalah penghias lapangan, karena masih terjadinya kasus rasisme dalam sepakbola.

apakah kurangnya sanksi/hukuman yang tidak membuat jera para pelaku? atau kurangnya ketegasan FIFA dalam memberantas rasisme?

Olahraga merupakan kegiatan untuk menyatukan semua golongan, warna kulit, suku, ras, bangsa maupun budaya. Semua agama melebur menjadi satu ketika masuk ke dalam konteks olahraga, khususnya sepakbola yang merupakan olahraga paling populer dan digemari penduduk dunia.

Janganlah merusak keindahan dan keseruan sepakbola dengan tindakan yang tidak terpuji itu. Jangan karena hanya perbedaan kecil bisa merusak persatuan.

Junjung tinggi semangat kebersamaan dan semangat sportifitas, Say No To Racism!!!!

-Kiky (Mimin_Ngehek) untuk Medioclub
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Forum Medio | Hi | Rendy Ji
Copyright © 2013. Medio Club - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Remake by Monyet Sipit
Proudly powered by Blogger