Headlines News :
Home » , » Preview BPL 2013/2014 - I

Preview BPL 2013/2014 - I

Written By fans tim antah-berantah,papan tengah,papan bawah on Sabtu, 17 Agustus 2013 | 14.39


  • West Ham United: Ambisi yang dibatasi

source: zimbio
Big Sam - sapaan khas Sam Allardyce - merupakan sosok manager yang sangat mengedepankan permainan fisikal. Cepat, keras, dan lugas. Hal tersebut selalu menjadi ciri khas permainan klub asuhannya. West Ham juga sama, dengan motto "Smells like team spirit". Kevin Nolan dan kawan - kawan menampilkan sebuah permainan solid serta gerilya untuk mencapai sebuah kemenangan, tak jarang permainan keras ala Big Sam terbawa di dalam semangat tersebut.

West Ham berhasil mempermanenkan jasa penyerang jangkung, Andy Carroll yang disusul dengan kedatangan Stewart Downing dari Liverpool, serta membuang Rob Hall dan Gary O'Neil semakin memperjelas atensi Sang Manager untuk menyempurnakan direct football yang ia anut. Banyak yang menganggap The Hammers - julukan West Ham - akan mendobrak masuk ke eropa musim depan, tapi nampaknya ambisi itu harus disimpan untuk beberapa tahun kedepan. 

Bermodalkan semangat juang, dan permainan direct, mengingatkan saya kepada Stoke City yang akhirnya mencapai klimaks akhir musim lalu. Kalian pasti tahu hasil dari permainan tersebut. Hal paling mencolok adalah 'mandul'-nya lini penyerangan dan tanpa striker subur sangat sulit mencapai papan atas. Sangat menyedihkan tapi harus diakui, kick n' rush sudah mulai usang. 

Modibo Maiga adalah sosok striker yang produktif di laga pra musim West Ham, tapi berapa persen kesempatannya bermain dibandingkan Carroll ?

Ada juga sosok Ravel Morrison yang juga bersinar di pra musim, tapi akan seberapa seringkah klub yang terkenal dengan nama, The Academy of Football memberi kesempatan kepada Morrison - 1 dari 2 pemain West Ham yang masih berusia dibawah 23 tahun - ?

Prediksi: Papan tengah (bawah)  - 13th 


  • West Bromwich Albion: Tuntaskan Misi Musim Lalu

source: zimbio
Steve Clarke menjalani musim yang sangat baik pada 2012 / 2013, West Bromwich Albion menjadi salah satu tim kejutan bersama Swansea City saat itu. Musim ini, tugas Clarke adalah melakukan hal serupa dan mungkin akan mendarat di eropa jika konsistensi terus terjaga. Masalah demi masalah terus coba dibenahi oleh Clarke, kehilangan striker mematikan Romelu Lukaku, ia memboyong pemain pengalaman Nicolas Anelka dan predator divisi Championship musim lalu, Matej Vydra.

Pesakitan, Odemwingie juga siap didepak dari squad The Baggies. Selain itu, Diego Lugano juga didatangkan dari PSG untuk bahu membahu dengan Foster & Yacob. Penampilan West Bromwich Albion sejak promosi tahun 2011 lalu terus menanjak, dan bukan tidak mungkin trend tesebut terus berlanjut.
Claudio Yacob akan menjadi sosok sentral di lini tengah The Baggies. Konsisten dan mereka akan meraih hasil yang musim lalu layak mereka raih. 

Prediksi: Papan tengah (atas) - 10th


  • Tottenham Hotspurs: Tertular Tetangga
source: football365.com
Siapa yang tidak tersihir dengan penampilan 'penyihir' asal Wales, Gareth Bale musim lalu ? Penampilannya menyita mata dunia, bahkan Real Madrid ingin menjadikan dirinya pemain termahal di dunia. Namun pelatih Tottenham - Andre Villas Boas - tetap memaksakan untuk menahan pemain tersebut. Padahal Tottenham sendiri sudah kedatangan banyak pemain berkualitas seperti Soldado, Paulinho, Chadli, dan Capoue

Lini tengah Tottenham saat ini disesaki 10 pemain, dan hampir semuanya memiliki kemampuan menempati segala posisi lini tengah. Jika Bale yang sering diplot menjadi second striker / gelandang menyerang oleh AVB terus dipaksakan untuk bertahan, keharmonisan antar pemain akan berkurang. Hal tersebut juga dapat membuat kekolektifan permainan ikut turun. 

Padahal Real Madrid sudah sempat menyodorkan sosok Coentrao untuk mempermulus kedatangan Bale, sayang ketergantungan musim lalu masih membayangi kubu White Hart Lane. Jika bertahan pemain yang diimpikan untuk memimpin klub ke zona Champions League tersebut mungkin malah akan jadi batu sandungan, layaknya mantan punggawa rival mereka, Cesc Fabregas yang sempat mangkir karena tidak diizinkan bermain untuk Barcelona. Ada baiknya memberi kesempatan kepada Tom Carroll yang digadang sebagai 'Next Carrick'.

Tottenham akan tetap mendapatkan tiket bermain di eropa musim depan. Eropa yang mana ? Semua tergantung cedera Bale, yang MUNGKIN akan sembuh pada saat jendela transfer ditutup, saat ia berubah kandang.


  • Swansea City: Tentukan Prioritas

source: walesonline.co.uk
Berhasil menjuarai Piala Liga, Capital One Cup memberikan Swansea City sebuah tiket berlaga di Europa League musim depan. Suatu hal yang membanggakan, namun kebanggan tersebut dapat menjatuhkan keperkasaan mereka. Inggris sendiri memiliki 3 piala, 1 liga, dan 2 kompetisi knock-out. Hal tersebut membuat Michu serta koleganya harus berkompetisi di 4 ajang dalam 1 musim. Rotasi adalah kunci, tapi apakah kedalaman squad The Swans sama rata sehingga rotasi akan berjalan dengan mudah ? Tidak ! 


Michael Laudrup harus memutar otaknya guna mengakali jadwal padat yang dilakoni anak - anak asuhnya. Swansea memang begitu aktif di bursa transfer, Laudrup memang berhasil mendapatkan backup untuk para pemain intinya, namun masih ada perbedaan kualitas antara Jordi Amat dengan Ashey Williams, Jose Canas dengan Ki, hanya nam Wilfried Bony dan Jonjo Shelvey yang memiliki kualitas setara. Bahkan keduanya kemungkinan besar akan langsung menjadi pilihan utama. 

Swansea harus tentukan prioritas mereka, dan belajar dari pengalaman pendahulunya, Newcastle United. Bagaimana The Magpies, berusaha tampil 110% di setiap ajang, namun hasilnya mereka harus susah payah menghindar dari jurang degradasi. Nasib Swansea akan lebih kritis jika mereka gagal menyusun prioritas dengan baik, musim ini adalah musim ke-3 klub asal Wales tersebut bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris, musim ketiga sering jadi malapetaka, karena disinilah awal mula sebuah klub tidak lagi disebut 'yo-yo' (Jika berhasil bertahan).

Prediksi: Walaupun membutuhkan tenaga ekstra, Swansea akan tetap di Premier League. 
Mid table (bawah) - 15th


  • Sunderland: Pembuktian Kualitas

source: independent.co.uk
Saat ditunjuk sebagai pelatih Sunderland, Di Canio berhasil mengembalikan gairah permainan yang sempat hilang ditangan Martin O'Neil. Hal tersebut ikut meningkatkan daya ledak para pemain yang akhirnya berhasil lolos dari ancaman degradasi. Musim ini adalah musim pertama Paolo Di Canio memimpin The Black Cats secara penuh. Persiapan ia lakukan, mendatangkan pemain - pemain muda hebat yang ia inginkan, dan ditambah beberapa pemain berkualitas untuk memperkuat sisi yang ia anggap lemah, Di Canio mulai menampakan otoritasnya kedalam pembentukan tim. 

Sunderland kehilangan Simon Mignolet yang hijrah ke Liverpool, posisi kiper asal Belgia tersebut telah ditambal dengan kedatangan Vito Mannone dari Arsenal. Mantan manager Swindon Town tersebut juga mendatangkan gelandang bertahan Cabral guna menutupi pos jika ditinggalkan Lee Cattermole yang sering menderita cedera dan juga mendapatkan laran bermain. Bek kanan, Ondrej Celutska juga baru mendarat untuk berebut posisi utama dengan Phil Bardsley & Craig Gardner. Di Canio benar - benar memperdalam kekuatan tim, kehadiran Altidore, Giaccherini, dan Diakite juga diprediksi akan langsung masuk XI terbaik pelatih asal Italia tersebut.

Sempat terseok - seok di papan bawah musim lalu, serta kalah dengan mengenaskan di tangan pesaing mereka, Aston Villa. Di Canio berjanji tidak akan membuat para fans setia Sunderland melihat hal yang sama. Mereka sempat mengalahkan salah satu klub terbaik BPL saat ini, Tottenham saat pra musim. Itu merupakan hal berharga Seb Larsson dan kawan - kawan, jika mereka terus mengobarkan api perjuangan di setiap permainan mereka. Bukan tidak mungkin Sunderland akan berhasil meraih tiket berlaga di eropa musim depan, entah itu dari klasemen liga ataupun gelaran kompetisi lainnya.


  • Stoke City: Tanpa Perubahan Berarti

source: worldsoccertalk.com
Stoke City akan mencoba untuk merubah ciri khas mereka. Setelah selama ini dikenal sebagai klub yang lebih cocok bermain rugby dibanding Sepakbola, para pemain Stoke nampaknya gerah dan membuat pelatih mereka, Tony Pullis, dipecat.

Mark Hughes datang dan langsung berbenah, mengubah komposisi tim. Spesialis long throw, Rory Delap dan bek gaek Matt Upson didepaknya dari Britannia. Marc Muniesa & Erik Pieters datang sebagai penggantinya.

Gaya kepelatihan Mark Hughes sempat dipuji pemain Stoke City, Cameron Jerome yang jarang bermain di bawah komando Pulis. Walaupun sebenarnya, Hughes merupakan salah satu manager paling bermasalah musim lalu, setelah gagal membawa QPR untuk menang. Ia juga masih belum memperlihatkan pergerakan signifikan untuk memboyong seorang goal gather yang sering menjadi kendala bagi The Potters. Masih ada 2 minggu untuk mengotak-atik komposisi. Tapi jika melihat squad Stoke City, yang minim perubahan berarti, sepertinya mereka akan kesulitan untuk bertahan di kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Prediksi: Degradasi - 19th


  • Southampton: Tambal Lubang untuk Bertahan

source: daillyexpress.co.uk
Pochettino telah menjawab semua keraguan publik dengan berhasil memimpin Southampton berakhir di papan tengah musim lalu. Musim ini merupakan masa pembuktian baginya, bahwa ia dapat melakukan hal yang sama bahkan lebih baik lagi.

Bermodalkan pemain - pemain muda bertalenta seperti Ward-Prowse, dan Luke Shaw, dikombinasikan dengan pengalaman dan kematangan Rickie Lambert dan Adam Lallana. Pochetino sudah memiliki squad yang brilliant. Hanya saja, The Saints merupakan salah satu klub yang memiliki rekor pertahanan buruk musim lalu. Hal inilah yang terus dicoba ditambal Pochettino. Mendatangkan seorang Dejan Lovren & Vincent Wanyama guna memperkokoh tembok, Southampton benar - benar mendapatkan suntikan kualitas dari keduanya.

Lovren mantan punggawa Lyon ingin Southampton menyusul mantan klubnya di kancah eropa. Hal tersebut mungkin terlalu cepat, tapi bisa saja terjadi. Kualitas penyerangan seperti musim lalu, ditambah pertahanan yang solid, bukan tidak mungkin impian Lovren terwujud. Pochettino berhasil merubah gaya permainan Lambert menjadi lebih seperti Lallana saat Sang kapten cedera. Berdiri di belakang striker juga bukan sesuatu yang buruk bagi Lambert. Setelah musim lalu berhasil menjadi top scorer klub, sepertinya Lambert akan lebih memberikan kesempatan kepada kompatriotnya Jay Rodriguez musim ini.

Prediksi: Peningkatan kualitas, ditambah dukungan publik St. Mary saat klub bermain di kandang, Southampton mungkin akan berpicu dengan Sunderland berebut tiket ke eropa.
Mid table - 8th

  • Norwich City: Adaptasi untuk Prestasi

Sangatlah menyenangkan menjadi seorang Chris Hughton - Pelatih Norwich - tanpa sebuah halangan berarti, ia berhasil mendapatkan pemain - pemain yang diinginkan guna meningkatkan kualitas Norwich. Didukung oleh owner yang sangat mencintai The Canaries, Hughton berhasil mendapatkan Ricky van Wolfswinkel dari Sporting Lisbon dan Garry Hooper akhirnya juga berhasil ia dapatkan setelah berkali - berkali menyatakan ketertarikannya.

Kedatangan kedua striker tersebut berimbas kepada posisi kapten mereka sebelumnya, Grant Holt. Holt akhirnya lebih memilih untuk turun ke divisi Championship membantu Wigan yang berjuang untuk kembali naik. Hughton juga mendapatkan suntikan tenaga dari Leroy Fer dan Nathan Redmond di tengah. Energi Fer akan membuat Tettey tidak lagi sendirian menjaga kestabilan permainan. Nathan Redmond yang sudah dikenal Hughton sejak melatih Birmingham City, kemungkinan besar akan langsung menjadi pilihan utama. Mengingat Norwich tidak memiliki pemain yang lebih berkualitas demi mengimbangi Pilkington di kiri.

Kesembuhan John Ruddy, janji setia Javier Garrido dan Martin Olsson akan meningkatkan kualitas pertahanan Norwich. Mereka sempat mengejutkan publik dengan mengalahkan para 'raksasa' musim lalu. Musim ini, mungkin adalah bagian dari proses adaptasi publik Carrow Road untuk menjadikan diri mereka sendiri, raksasa di kancah Premier League.

Prediksi: Mid table - 7th

  • Newcastle United: Mencoba untuk Fokus

source: dailyrecord.co.uk
Alan Pardew sedang berusaha untuk melupakan bayang - bayang musim lalu yang hampir membuat Newcastle turun kasta. Ia mencoba untuk fokus mempersiapkan anak - anak asuhnya untuk tampil lebih baik lagi dari musim lalu. Sayangnya, persiapan mantan pelatih West Ham tersebut sedikit terganggu dengan kehadiran Joe Kinnear sebagai direktur olahraga Newcastle.

Joe Kinnear, dianggap akan merusak chemistry di dalam tubuh klub. Ia juga sempat berpendapat bahwa para pemain Newcastle kurang berkualitas, walaupun telah disesaki oleh Cabaye, Gutierrez, Sissoko, Santon dan masih banyak lagi. Jonas Gutierrez mengatakan The Magpies akan lebih bringas musim ini, setelah konsentrasi mereka tidak terpecah oleh Europa League. Namun masalah belum selesai, Pardew kesulitan mendapatkan pemain incarannya di bursa transfer kali ini. Hanya Loic Remy yang datang dengan status pinjaman dari QPR

Di masa pra-musim, nama Dan Gosling dan Shola Ameobi naik ke permukaan menjadi pahlawan bagi para Toon Army. Sial, Shola harus absen di partai pembuka akibat cedera lutut. Sedangkan Dan Gosling kemungkinan besar akan kalah bersaing dengan Cabaye, Sissoko, dan Tiote.

Newcastle tidak banyak melakukan perombakan di dalam tim, namun para penguhi St. James Park sudah merupakan pemain - pemain berkualiatas yang dapat membawa Newcastle terbang tinggi. Asalkan, tidak terjadi gangguan internal yang merusak tubuh klub, Alan Pardew akan sukses memperbaiki performa musim lalu.

Mid table (bawah) - 12th

  • Liverpool: Kembali ke Habitat

Dipusingkan oleh ulah Luis Suarez yang entah akan tetap berseragam The Reds atau tidak pada musim ini, Brendan Rodgers mencoba melepas ketergantungan lini depan terhadap striker Uruguay tersebut. Mendatangkan Iago Aspas dan memaksimalkan kontribusi Sturridge akan menjadi pilihan utama Rodgers dibanding harus memainkan pemain yang sudah setengah hati membela klub.

Coutinho dan Sterling juga akan berperan penting dalam perjalanan Liverpool musim ini. Kedatangan Kolo Toure sebagai pengganti Carragher, dan juga Simon Mignolet yang mengusir Pepe Reina dari Anfield, Liverpool akan benar - benar menunjukan kualitas permainan yang selama ini dibentuk Rodgers. Hasilnya, Liverpool akan kembali ke habitatnya, dan akhirnya dapat mengakhiri musim lebih baik dibandingkan rival mereka, Everton.


--------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian dulu mediors, lanjut ke part II.. Soalnya kayaknya terlalu panjang dan bakal jadi ngebosenin kalo gue bahas 20 tim di satu postingan. Walaupun ga terlalu mendalam, garis besar dari masing - masing klub yang di preview tetep dapetkan ?

Sip. See you soon at Part II.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Forum Medio | Hi | Rendy Ji
Copyright © 2013. Medio Club - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Remake by Monyet Sipit
Proudly powered by Blogger