Headlines News :
Home » , » Preview Bundesliga 2013/2014 (Part 1)

Preview Bundesliga 2013/2014 (Part 1)

Written By fans tim antah-berantah,papan tengah,papan bawah on Senin, 05 Agustus 2013 | 03.22


Prediksi,pembahasan,fakta,gambaran,semua yang perlu kalian tahu guna menyambut musim baru kompetisi 1. Bundesliga .

Halo kawan-kawan semediors dan setanah air dan para pembaca yang saya hormati. Kali ini saya kembali mengajak kalian semua untuk mengetahui persiapan-persiapan dan berita terkini mengenai Bundesliga,karena seperti yang kita tahu semua,Bundeliga musim 2013/2014 akan mulai bergulir mulai tanggal 10 Agustus 2013. Agar kalian semua tahu seluk beluk Bundesliga,maka artikel ini saya persiapkan sematang mungkin,dan semoga bisa membantu kalian untuk mendalami Bundesliga musim depan. Artikel ini ditulis tidak dengan tujuan untuk mengintimidasi sebuah klub,ataupun fans. Namun artikel ini hanyalah sebuah guide untuk kalian semua. Semoga kata-kata saya dalam artikel ini dapat dimengerti dan tidak menimbulkan kesalah pahaman.

Baiklah,disini saya akan membahas beberapa poin penting yang menurut saya cukup menarik untuk diperhatikan. Saya akan coba kupas tuntas poin-poin tersebut,baik yang berhubungan dengan tim-tim yang musim lalu memuncaki klasemen,ataupun tim-tim yang sedang berjuang habis-habisan untuk bertahan di Liga utama. Langsung saja kita ke pembahasan yang pertama

Meretas Dominasi Bayern München dan Borussia Dortmund



Hampir bisa disamakan dengan Liga BBVA Spanyol,Bundesliga saat ini juga sedang didominasi oleh 2 klub. Yaitu Bayern München dan Borussia Dortmund. Sudah hampir 4 tahun belakangan ini,mereka berdua merupakan icon Bundesliga dengan julukan Der Klassiker. Selalu menyajikan permainan yang menyita detak jantung dan membuat kita berdecak kagum,Der Klassiker sering dibanding-bandingkan dengan El Classico dan Manchester Derby. Lihat saja insiden saat Dortmund menjamu Bayern tanggal 4 Mei silam. Saking kerasnya,wasit harus mengusir Rafinha keluar lapangan karena melakukan tackle keras terhadap Kuba (kalau tidak salah). Dan Sammer yang beradu mulut dengan Klopp di pinggir lapangan. Saling berebut kemenangan saat mereka bertemu,membuat laga ini dikenal cukup ketat di seantero eropa. Hingga puncaknya,saat mereka tidak bisa menentukan dan memisahkan,siapa yang lebih baik,mereka membawa 'masalah' ini ke Wembley,25 Mei silam di partai final Liga Champions.

Memang pertandingan-pertandingan yang mempertemukan kedua klub ini di ajang apa saja dipastikan tensi tingginya. Namun apakah kalian tahu? Bahwa disaat mereka saling mencoba untuk menjatuhkan satu sama lain dan membawa pulang poin penuh dari kemenangan atas pertandingan ini,banyak klub-klub di Bundesliga,yang justru berupaya menggulingkan persaingan kedua klub ini. Bisa jadi musim depan,disaat Dortmund dan München asyik saling mengadu strategi untuk mengalahkan satu sama lain,justru mereka yang diterkam oleh klub-klub yang terabaikan.

There is the hunter and the hunted. But the hunter will be hunted by the predator. Siapa sajakah tim-tim yang memiliki potensi merusak dominasi Bayern München dan Borussia Dortmund?

1. Bayer Leverkusen
Well,yeah Leverkusen. Tim yang bermarkas di Bay Arena ini merupakan kandidat terkuat untuk menjegal dominasi Dortmund dan Bayern. Lihat saja,musim lalu hanya Bayer Leverkusen yang mampu mengalahkan Bayern München di kandang dalam lanjutan kompetisi Bundesliga. Waktu itu skor berakhir 2-1 untuk keunggulan Leverkusen.

Leverkusen merupakan tim yang selalu dijuluki "2nd row team" atau "Vizekusen (almost winner team)". Karena memang selama ini,mereka tidak pernah menjuarai Bundesliga,meskipun mereka selalu finis di 4 besar bahkan 3 besar.Berikut merupakan daftar prestasi Bayer Leverkusen selama ini

-5 kali menjadi runner-up Bundesliga (1997,1999,2000,2002,2011)
-DFB Pokal winner (1993)
-UEFA Cup winner (1988)
-Runner up Liga Champions (2002)

'Shadow of Bayern and Dortmund'. Sebutan itu bisa saja sebuah motivasi ataupun ejekan. Tergantung yang menangkap pernyataan tersebut. Ya memang tidaklah salah jika Leverkusen disebut the Shadow of Bayern and Dortmund. Selalu finis di belakang kedua tim tersebut,terkadang membuat Leverkusen terkesan tanggung tanggung dan kurang tukas dalam menyelesaikan musim kompetisi.

Leverkusen merupakan salah satu tim yang dengan konsisten 10 tahun terakhir selalu finis dalam 10 besar. Dan hampir selalu mengikuti ajang kompetisi eropa. Baik Liga Champion maupun UEFA Cup. Oh ya,panggilan unik untuk Leverkusen adalah 'Werkself' atau artinya adalah Self Factory. Mereka merupakan salah satu pengembang talenta-talenta pemain berbakat. Meskipun bukan dari akademi mereka,namun kebanyakan pemain-pemain yang sekarang menjadi most wanted para klub-klub besar pernah main di Leverkusen. Sebut saja Michael Ballack,Andre Schürrle, dan Tranquillo Barnetta

Meski ditinggal punggawanya Andre Schürrle,dipastikan Leverkusen akan tetap menebar ancaman serius bagi tim-tim lain di Bundesliga,khususnya bagi Dortmund dan Bayern. Mereka masih memiliki Stefan Kießling yang dinobatkan sebagai striker paling mematikan Bundesliga. Ia berhasil mengantongi 25 gol musim lalu. Sesaat setelah Schürrle hengkang ke Chelsea,pelatih baru mereka yang merupakan legenda Liverpool,Sami Hyppia,langsung menunjuk Heung Min Son sebagai penggantinya. Menurutnya,Son merupakan pengganti yang ideal. Bukan karena ia memiliki gaya bermain yang mirip dengan Schürrle,namun karena Heung Min Son dianggap cocok dengan strategi yang akan Hyppia coba terapkan musim depan.



"Bagi kami (Leverkusen) finis di posisi 4 merupakan sebuah kewajiban. Dan menjadi juara adalah prioritas. Anda mungkin bertanya apa perbedaan prioritas dan kewajiban. Bagi saya Kewajiban itu harga mati,dan prioritas adalh target yang harus dihasilkan saat kewajiban sudah terpenuhi" begitu tutur Sami Hyppia saat ditanya persiapan Leverkusen saat untuk menyambut musim baru. Menurutnya Leverkusen memiliki segudang amunisi dan potensi untuk menjuarai Bundesliga,namun sayang mereka kurang berhati hati saat memasuki fase yang genting.

2. Eintracht Frankfurt

"Seriusan coy Frankfurt?". "Ga salah tuh?". Pertama kali saya mengungkapkan bahwa Frankfurt akan menjadi salah satu kontender yang berpotensi merusak tatanan dominasi Dortmund dan Bayern München,banyak yang mempertanyakan alasannya. Alasannya simpel. Mereka baru saja promosi ke liga utama musim lalu,dan langsung finis di posisi 6 dan otomatis mendapat kesempatan untuk berlaga di UEFA Cup jika mereka berhasil menembus kualifikasi.

Cukup mengagumkan bukan untuk tim yang baru promosi? Semangat mereka masih membara. Dan kemungkinan masih akan berkobar hingga musim depan. Musim lalu,mereka hanya kalah tipis dari sang juara Bayern München. Cukup 1-0 saja. Dan tahukan kalian? Bahwa itu merupakan kemengan terkecil Bayern München dalam 8 tahun terakhir saat meladeni tim promosi.



Untuk pertama kalinya,Eintrach Frankfurt akan bermain tanpa kiper legendaris mereka asal Macedonia,Oka Nikolov,yang sudah dari tahun 1995 bermain hanya untuk Eintracht Frankfurt. Setelah musim kompetisi 2012/2013 usai,Nikolov memutuskan untuk hengkang ke Philadelphia Sport Union pada tanggal 19 Juni 2013. Sepanjang karirnya di Eintracht Frankfurt Nikolov sudah bermain sebanyak 379 kali.

Berbeda dengan Leverkusen,meskipun sudah beberapa kali degradasi dari Bundesliga,namun Eintracht pernah sekali menjuarau Bundesliga. Tepatnya di tahun 1959. Berikut daftar prestasi Eintracht Frankfurt

-Juara Bundesliga (1959)
-Runner-up Bundesliga (1932)
-Juara UEFA Cup (1980)
-Juara DFB Pokal (1974,1975,1981,1988)

Selain itu Eintracht Frankfurt bisa dibilang memiliki beberapa pemain yang cukup dikenal bahayanya oleh tim-tim di Bundesliga. Alexander Meier contohnya. Meskipun ia merupakan pemain tengah,ia adalah top skor Eintracht Frankfurt dengan mengemas 16 gol. Ada juga Sebastian Rode yang merupakan dirigen permainan Eintracht di lini tengah.

Meskipun bermodal pemain yang cukup mumpuni,Eintracht Frankfurt cukup agresif dalam bursa transfer kali ini. Beberapa pemain yang cukup menonjol di musim lalu langsung dikontrak oleh Eintracht Frankfurt. Sebut saja nama-nama seperti Joselu dari Hoffenheim dan Marco Russ dari Wolfsburg. Armin Veh,manager mereka sempat mengungkapkan bahwa tujuan Eintracht musim ini adalah menstabilkan posisi sebagai salah satu tim teratas di Bundesliga. "Kami cukup percaya diri bahwa kami akan menjalani musim yang menarik. Kami akan terus bertahan dan memang seperti itu adanya. Eintracht Frankfurt adalah tim yang cukup berpengalaman di Bundesliga"

Dengan sekumpulan pemain dengan semangat yang fresh,Eintracht Frankfurt memang sangat memiliki potensi yang cukup untuk menggebrak tatanan Bundesliga musim depan. Dan kalau boleh jujur,Eintracht Frankfurt merupakan tim yang sangat menarik untuk disimak. Baik di kancah eropa maupun di Bundesliga

3. FC Schalke 04



Kandidat terkuat dan mungkin paling berpotensi untuk menggulingkan dominasi Dortmund dan Bayern. Bisa dibilang Schalke merupakan tim yang 'seangkatan' dengan Dortmund dan Bayern. Sudah hampir 2 musim terakhir,Schalke selalu bermain bersama Dortmund dan Bayern di Liga Champions dan tanpa diduga duga,mereka melaju sangat jauh di eropa. Tidak seperti yang orang bayangkan pada umumnya.

Schalke bisa dibilang 'Counter of Dortmund'. Memiliki sejarah yang panjang dan berliku liku tentang rivalitas diantara mereka,Schalke merupakan halangan terbesar Dortmund untuk menjuarai Bundesliga. Dari 5 pertemuan melawan Dortmund,Schalke berhasil memetik 3 kemenangan. Hasil yang cukup membuat fans Dortmund cemas saat mereka masih harus terus menerus meladeni rival selembah mereka ini. Saat ini,seperti yang dikabarkan Reuters dan Kickers!,Schalke menyandang status kuda hitam di eropa dan "Fan-Favorite" di Bundesliga sendiri.

Meskipun begitu,Schalke sudah 50 tahun lebih tidak merasakan manisnya gelar Bundesliga. Dibawah ini merupakan prestasi Schalke yang sepertinya cukup dikenang oleh para fansnya

- Juara Bundesliga (1934,1935,1937,1939,1940,1941,1942,1958)
- Juara DFB Pokal (1937,1972,2001,2002,2011)
- Juara UEFA Cup (1997)



Schalke dikenal memiliki segudang pemain muda yang mematikan. Dan atau bisa dibilang mereka adalah tim pengembang bakat-bakat muda. Di bursa transfer kemarin,mereka berhasil mendatangkan Clemens dari Köln dan Leon Goretzka dari Bochum. Mereka merupakan contoh dari wajah muda Schalke yang siap mengukir nama Schalke di Piala Bundesliga. Dan jangan lupakan Julian Draxler yang merupakan panutan bagi setiap pemain muda di Schalke. Clemens merupakan salah satu pemain yang berpengalaman di kancah Internasional. Ia termasuk di dalam skuad Jerman U-21 saat mereka bermain di EURO U-21 kemarin. Muda dan berpengalaman. Ini adalah modal penuh yang merupakan alasan utama mengapa Schalke pantas dan berpotensi menjadi pesaing besar Bayern dan Dortmund musim depan.



 Selain merekrut pemain-pemain muda,Schalke juga mendatangkan striker asal Hungaria,Adam Szalai dari Mainz,guna menghilangkan ketergantungan Schalke dari Huntelaar yang sedang cedera. Serta Filippe Santana dari tim rival mereka,BvB Dortmund sebagai alternatif di lini belakang

"Menjadi lebih baik dari Dortmund merupakan misi sampingan yang harus diutamakan" tukas sang manajer Jens Keller. Ia harus membuat skuad yang lebih dari solid untuk musim depan. Ia juga harus bisa memaksimalkan tenaga para pemain muda Schalke agar dapat bersaing dari awal dengan tim lain. "Kami (Schalke) tidak terlalu jauh dari mereka (Dortmund dan Bayern). Kami tahu itu". Untuk memenuhi ambisinya dan klubnya,Keller tidak segan-segan menjadikan Peter Hermann menjadi Co-Trainer,yang sebelumnya merupakan staff di Bayern München.

__________________________________________________________________________

So mediors. Di atas tadi merupakan 3 tim yang sudah gw pilih khusus sebagai calon-calon yang berpotensi menumbangkan dominasi Dortmund dan Bayern München. Tadi itu baru poin pertama. Poin selanjutnya akan saya sampaikan di Part 2 yang sepertinya akan terbit beberapa hari mendatang. Terima kasih atas perhatiannya Mediors. Maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Sekali lagi artikel ini tidak bertujuan untuk menyerang satu pihak. Hanya sebagai Guide kalian

Sumber: bundesliga.de

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Forum Medio | Hi | Rendy Ji
Copyright © 2013. Medio Club - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Remake by Monyet Sipit
Proudly powered by Blogger