Headlines News :
Home » , » Preview Bundesliga 2013/2014 (Part 2)

Preview Bundesliga 2013/2014 (Part 2)

Written By fans tim antah-berantah,papan tengah,papan bawah on Rabu, 07 Agustus 2013 | 04.43


Prediksi,pembahasan,fakta,gambaran,semua yang perlu kalian tahu guna menyambut musim baru kompetisi 1. Bundesliga .

Setelah di Part 1 kita membahas siapa siapa saja yang akan menjadi penantang dan calon-calon penggretak dominasi Bayern dan Dortmund,kali ini saya akan mencoba membahas tentang kekuatan Bundesliga di papan tengah dan papan bawah yang dihuni oleh tim-tim yang memang sudah beberapa tahun ini mati-matian untuk bertahan di Bundesliga dan membahas kesempatan-kesempatan tim-tim tersebut di musim depan. Langsung saja kita ke pembahasan yang pertama

Perjelas Performamu,Werder Bremen!!



Entah sedikit atau banyak dari kalian yang menyadarinya,bahwa Werder Bremen dalam beberapa musim terakhir memang sedang menggeliat untuk lepas dari zona degradasi. Werder Bremen yang lebih dikenal dengan "Grün-Weißen" ini memang sudah beberapa kali melahirkan pemain-pemain berkualitas tinggi. Sebut saja Mesut Özil dan Simon Kjaer. Namun entah apa yang terjadi,mereka sekarang justru sedang berada diujung jurang degradasi. Puncaknya adalah musim lalu saat mereka secara dramatis berhasil lolos dari zona degradasi dengan finis di posisi 14,dan terpaut 4 poin dari posisi 17,Fortuna Düsseldorf. Memang betul adanya bahwa papan bawah Bundesliga musim lalu diakui banyak pihak sebagai salah satu yang terketat.

Werder Bremen yang kalian kenal sebagai tim yang cukup banyak memenangi medali DFB Pokal dan Bundesliga sedang dihantam krisis performa yang sering naik-turun. Sang kapten Clemens Fritz pun sempat berkomentar soal kondisi klubnya, "Lini pertahanan kami memang menjadi isu saat ini. Dan kami harus mendiskusikannya dan mengentaskannya bersama". Komentar ini meluncur menyusul performa buruk sang kiper Sebastian Mielitz,yang harus memungut bola 66 kali dari gawangnya dalam lanjutan kompetisi Bundesliga musim lalu.

Pemain baru sebagai kunci kebangkitan Bremen?

"Kita harus terus mendukung Dutt sebagai pelatih kami. Ia merupakan yang terbaik untuk Bremen saat ini. Filosofinya dapat dimengerti dan akan kami jalankan sebaik mungkin" lanjut Fritz. Untuk memperbaiki kondisi klub saat ini,Dutt akhirnya memutuskan untuk merekrut pemain muda Itali,Luca Caldirola dari Inter Milan. "Transfer ini adalah prospek jangka panjang. Memang kami membutuhkan stabilisasi sesegera mungkin. Namun pembelian kami kali ini sudah cukup untuk melapisi pos kosong yang ditinggalkan oleh Simon (Kjaer)" tutur Dutt saat dimintai komentar atas rekrutannya kali ini. Selain Luca Caldirola,Bremen juga menambahkan amunisi di lini tengah dengan mendatangkan Cedric Makiadi dari Freiburg dengan tujuan untuk semakin memanjakan Nils Petersen yang bertugas sebagai penggelontor bola ke jala lawan.

Namun dengan datangnya beberapa pemain tersebut,otomatis menjadi sebuah pekerjaan rumah tersendiri untuk Dutt. Ia diwajibkan untuk membangun chemistry yang anggun antar pemain baru dan pemain yang sudah dari beberapa musim bersama Werder Bremen. Apakah dengan pemain baru Bremen akan bangkit? Atau justru sebaliknya?

Selamat datang (Kembali) Maskot Ibukota




Di kesempatan yang lalu saya sempat membahas krisis konsistensi yang diderita oleh Hertha Berlin selama kurang lebih 2 tahun terakhir. Memang mereka masih harus sering naik turun kasta liga saat ini. Saat itu saya mengungkapkan bahwa Hertha Berlin itu memang belum pantas untuk berkompetisi di Bundesliga namun terlalu overpower jika disandingkan dengan tim-tim dari 2. Bundesliga. Namun kali ini mereka akan menjanjikan sesuatu yang berbeda. Setelah mereka harus sekali lagi degradasi di musim 2011/2012,para direktur tim mengambil "jalan pintas" untuk menstabilkan posisi mereka di liga. Direktur tim akhirnya menggunakan kekuatan finansial yang cukup jor-joran untuk tim sekelas Hertha Berlin dalam mendatangkan beberapa pemain yang kiranya dapat membantu progress Hertha Berlin di bursa transfer musim panas 2012 lalu. Lihat saja pemain-pemain seperti Allagui,Wagner,dan Pekarik yang datang bersamaan saat mereka baru saja turun ke 2. Bundesliga. Hasilnya? Tidak nanggung-nanggung,mereka langsung menjadi juara di 2. Bundesliga dengan hasil yang cukup mencengangkan. Mengumpulkan 76 poin dari 34 pertandingan dan hanya kalah 2 kali.




Dan bagaimana dengan pergerakan mereka musim panas kali ini? Jelas mereka semakin rajin hunting pemain-pemain low budget dengan kualitas yang cukup untuk mendukung Hertha Berlin di Bundesliga. Sebut saja Alexander Baumjohann yang didatangkan dari 1. FC Kaiserslautern,yang musim lalu gagal promosi karena tertahan oleh TSG Hoffenheim 1899 di babak playoff. Dan tentu saja,pelatih berkebangsaan Belanda mereka  yang berdarah Maluku, Josh Luhukay menambahkan pemain dari negri kincir angin ke dalam skuad Hertha Berlin. Ia adalah Van den Bergh. Dan pemain asli Jerman Sebastian Langkamp dari Augsburg tidak luput dari incaran Luhukay.

Saatnya unjuk gigi,Hamburger!




Selalu menjadi tim kuda hitam yang memiliki segudang pemain yang mumpuni,membuat HSV sering disegani lawan-lawannya saat mereka menjamu maupun bertamu ke markas lawan. Namun masalah utamanya adalah,mereka merupakan tim yang bisa dibilang 'biasa namun tidak biasa' karena sering dikaitkan dengan kondisi klub tersebut yang memang tidak bisa dibilang buruk,tapi kurang cocok untuk disebut superior. Meski memiliki segundang pemain top seperti Van der Vaart,Heiko Westerman,Dennis Aogo,dan bek serba bisa Marcell Jansen mereka sudah 30 tahun tidak pernah menambah koleksi medali Bundesliga ke dalam daftar buku prestasi mereka.

Tidak buruk. Memang tidak buruk sama sekali. Namun hanya sedikit kurang 'greget' saat mereka menjalani fase-fase tengah musim. Namun secara keseluruhan,memang HSV Hamburg bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. "Tim seperti dan sekelas HSV Hamburg pantas untuk bermain di eropa" tukas pelatih mereka sekaligus legenda sepakbola Jerman,Thorsten Fink. Namun,kembali lagi ke komposisi pemain yang kurang berimbang. Fink memang membenarkan bahwa lini pertahanan mereka sangatlah rapuh,dan hanya bergantung kepada Heiko Westermann seorang. Akhirnya telah diputuskan bahwa mereka akan meminjam Djourou dari Arsenal. Selain itu,Fink juga sudah merekrut striker muda asal Kamerun,Jacques Zoua dari FC Basel guna menambahkan alternatif di lini depan

Berharap saja bahwa mereka akan menuai hasil yang positiv musim ini,setelah mereka berhasil menjuarai Nord-Cup bulan Juni lalu saat mereka mengalahkan FC Koppenhagen dalam drama adu penalti.

Dan mereka yang harus bergerak dari 'Comfort Zone'





Sebut saja mereka yang selalu menjadi penghuni papan tengah Bundesliga. Mereka bisa dibilang cukup sulit untuk bergerak naik,namun terlalu tangguh untuk bergeming dari posisi mereka saat ini. Mereka yang memiliki prestasi gemilang pada masanya,yang kini masih harus bersabar datangnya momen kebangkitan mereka. Lihat saja Stuttgart yang sudah menjuarai Bundesliga sebanyak 5 kali,Mainz yang menjadi finalis DFB Pokal tahun 2009 lalu,ataupun Wolfsburg yang baru saja musim 2008-2009 lalu menjadi juara Bundesliga. Dan bagaimana dengan Nürnberg? Mereka adalah tim yang menurut saya salah satu yang paling menjaga konsistensinya di papan tengah,bahkan melompat naik ke posisi 7 pada saat musim 2010-2011. Mereka secara berkala dapat mampu menahan gempuran dan perlawanan dari tim-tim Bundesliga,dan selalu selamat,bahkan menjauh dari zona degradasi. 




Konklusi

Baiklah mediors,kita akhirnya sampai di penghujung pembahasan kali ini,sekarang kesimpulan yang mau saya berikan adalah,bahwa Bundesliga musim depan sepertinya akan lebih menarik dari musim dengan adanya perlawanan-perlawanan baru atas dominasi Bayern dan Dortmund,dan pergolakan tim-tim di papan tengah yang selalu menghindar dari zona playoff dan degradasi. Kita semua sudah melihat bagaimana kiprah tim-tim yang selama ini dipandang sulit bersinar,namun nyatanya justru mereka yang menghambat tim-tim papan atas dalam meraih gelar juara. Borussia Moenchengladbach contohnya. Jika prediksi saya tepat,maka sepertinya akan ada tim yang sudah lama berkancah di Bundesliga terdegradasi musim ini. Harapan saya hanya satu,yaitu semoga Bundesliga menemukan juara baru,dan tidak berkutat hanya dengan Dortmund dan Bayern. Mereka tim terbaik di liganya,namun kredibilitas mereka sebagai ikon Bundesliga akan diuji musim ini,dengan datangnya darah dan semangat baru di tim-tim papan tengah.

Terima kasih mediors atas perhatian dan waktu kalian untuk membaca preview Bundesliga ini. Semoga pendapat dan tulisan saya bermanfaat untuk kalian semua. Saya juga meminta maaf jika ada kata-kata di tulisan saya yang tidak berkenan. Sekali lagi,artikel ini dibuat dengan tidak bertujuan untuk menyerang satu pihak,namun hanya sebuah guide untuk kalian. Salam ngehek untuk kalian semua!

- MiminBundes -
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Forum Medio | Hi | Rendy Ji
Copyright © 2013. Medio Club - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Remake by Monyet Sipit
Proudly powered by Blogger